Rabu, 28 April 2010

SKENARIO APLIKASI REGISTRASI ANTRIAN CUCI MOBIL
Dian, seorang pemilik tempat pencucian mobil merasa kebingungan ketika ia hendak pergi ke luar kota. Ia bingung karena pegawai barunya, belum mahir dalam menggunakan aplikasi yang ada di tempat usahanya padahal pegawai baru itu harus bisa menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka waktu dekat. Sebelumnya Dian lah yang biasa mengurusi tempat usahanya sendirian. Oleh karena itu,sebelum pergi Dian memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana menggunakan aplikasi tersebut kepada pegawainya itu agar setelah ditinggal diharapkan pegawai barunya itu sudah mahir dalam menggunakan aplikasi tersebut dan bisa melayani pelanggan dengan baik.
Mula-mula ia mulai mengajari pegawainya dengan masuk menu utama di aplikasi tersebut. Agar bisa masuk ke dalam aplikasi itu maka si pegawai harus memasukkan terlebih dahulu username dan password dengan benar yang sudah ditentukan sebelumnya, jika terjadi kesalahan dalam pengisian username maupun password maka akan ada fasilitas lupa password untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan (lupa password, salah ketik, dll). Setelah masuk di menu utama Dian mengenalkan berbagai macam pilihan menu utama. Dimana di dalam menu-menu utama tersebut terdapat sub-sub menu fasilitas untuk menjalankan aplikasi tersebut. Menu-menu pilihan tersebut diantaranya : File, Registrasi, List, Update, Help.
Pada Menu pilihan File terdapat sub menu Exit, ini digunakan user untuk keluar dari aplikasi tersebut.
Di menu pilihan Registrasi ada Sub menu Registrasi Pendaftaran dan Registrasi Sebagai Pelanggan. Registrasi Pendaftaran digunakan untuk mengisi data-data sebelum dicetak nomor antrian. Registrasi Pendaftaran Sebagai Pelanggan digunakan ketika ada pelanggan masuk. Dalam hal ini user diminta untuk memasukkan sejumlah data yang nantinya akan disimpan sebagai database sehingga jika di kemudian hari pelanggan tersebut datang lagi maka tak perlu dilakukan registrasi ulang sebab sebelumnya datanya sudah tersimpan di database aplikasi ini. Hal ini terjadi ketika pelanggan tersebut mendaftarkan dirinya untuk menjadi pelanggan.
Pada Menu List disediakan dua Sub Menu, yakni : List Antrian dan List Pelanggan. List Antrian digunakan untuk melihat daftar antrian yang sedang berlangsung dan user dapat mengetahui jumlah antrian yang masuk. List Pelanggan digunakan untuk melihat pelanggan-pelanggan yang telah melakukan registrasi sebagai pelanggan tetap. DIsini disediakan pula fasilitas searching yang memudahkan admin dalam mencari pelanggan yang telah terdaftar.
Pada Menu Update terdapat Sub Menu Update Harga, fasilitas ini digunakan ketika terjadi perubahan harga pelayanan yang disediakan.
Menu Help digunakan ketika user mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini. Disini terdapat banyak dokumentasi yang berisi bantuan dalam penggunaan aplikasi ini.
Setelah mengajari pegawainya, Dian merasa lega dan tak khawatir lagi. Ia pun bisa tenang pergi ke luar kota.


NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
1.Healthy Permata Sari (08018262)
2.M.Ikhwan Bayu H. (08018279)
3.Ade Fakhrur Rozi (08018281)
4.m. Riza Nasir N (08018284)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger